Thursday, March 6, 2014

JUICE WORTEL + TOMAT

Depok. Maret 2014

WORTEL .....jadi ingat cerita paman gembul di majalah BOBO. Paman gembul paling ngga tahan kalo liat wortel sendirian .....langsung ingin melahapnya. Sehingga pada saat itu , saya pun terobsesi makan wortel ini. Ibu langsung memuji jika kami makan wortel tanpa harus disuruh2. Beliau bilang : wortel itu mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan matamu. Kalau kalian rajin makan wortel nanti matanya bagus dan sehat. ( dalam hati nih ,.....halagh ibu ini alesan aja ..... bilang aja suruh makan sayur ,,,pake alasan2 segala. wkwkwkwk dasar ya anak-anak, kalo ngga bantah kurang acik.


Tapi sekarang bener-bener dengan penuh kesadaran mengkonsumsinya  secara paham banget banyak vitamin yang dikandungya B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Selain itu wortel menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar juga. Dan yang lebih penting lagi, karena sifat antioksidannya dapat mencegah katarak  dan degenerasi makula yang sering menimpa para lansia ......( sedia payung sebelum hujan ceritanya nih ...qiqiqiqiiq ).

Manfaat lain dari buah wortel adalah :
1. Anti kanker
2. Mengatasi Sembelit
3. Menyehatkan kulit
4. Mengatasi sembelit
5. Meningkatkan daya tahan tubuh
6. Melancarkan isi

Trus kalau menyimpan wortel agar tetap segar  taruhlah dalam wadah plastik yang kedap seperti wadah T*****W***, atau didalam kanting plastik berpori lalu masukkan didalam lemari es. Tapi perlu diingat juga, jangan terlalu lama menyimpan wortel di kulkas karena nanti akan berasa pahit akibat perubahan senyawa fenol yang dikandungnya berubah menjadi isokumarin.

Bagaimana dengan TOMAT ? apa khasiatnya ? bisa dibaca DISINI, karena udah pernah dibahas sebelumnya. 


Trus cara membuatnya .....begini :

Bahan :

2 bh wortel ukuran besar - potong kecil
2 bh tomat ukuran sedang
2 sdm madu
1 sdt vanilla pasta
air es secukupnya
air jeruk lemon sesuai selera

Cara Membuatnya :
1. Cuci buah sampai bersih dibawah air mengalir lalu potong potong kecil
2. Masukkan semua bahan kedalam blender, tambahkan air. Blender sampai halus
3. Tuang kedalam gelas saji. Dan siap untuk di nikmati. (2hipt)






No comments: