Sunday, March 9, 2014

WINGKO BABAT

Depok, Maret 2014
Wingko Babat adalaha nama salah satu oleh-oleh/kue  traditional asal semarang yang saya suka, di samping sederet oleh-oleh lain yang membuat saya suka lupa akan kedisplinan, sebut saja Bandeng Juwana, Lumpia, Moci Gemini, Enting, Petis Udang Ny. siok, Nopia, Bakpia, Tape Ketan, Brem Suling Gading, Bermacam cake Dryana , Kue sarang madu, Getuk Eco, Ayam tulang lunak, Abon Gloria rasa bawang, Dendeng Sapi Renadi , Kue Sarang Madu, Alen-alen pedas, Kripik cakar, Dodol Krasikan , Tahu bakso,  Getuk Goreng, Jenang Mubarok dan banyak lagiii ..... tak kuasa menyebutnya, menelan air ludah entah berapa kali saat menulis urutan oleh -oleh ini. Cerita oleh oleh  ini bisa dicamil DISINI dan DISINI ..... sampe kenyang deh.
Wingko yang manis dan gurih ini membuat saya terkangen-kangen dengan kota semarang ini. Kue berbentuk bundar dan manis ini  agak sedikit keras( barangkali udh lama yak) , saat pertama kali saya mencicipinya. Tapi setelah beberapa kali memakannya rupanya si wingko ini memiliki tekstur yang lembut.


Penasaran ? mari kita coba bikin sendiri yuk : 

Wingko babat

Bahan :

125 gr tepung ketan putih
1 butir (+- 450 gr) kelapa agak muda, kupas kulit arinya, parut memanjang
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus
100 ml air hangat

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah yang besar campur tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, vanili, 

    dan garam, uleni menggunakan tangan sampai rata.
2. Tuangi air hangat sambil diuleni sampai rata saja.
3. Panaskan wajan teflon dengan api kecil tanpa dioles apapun. Ambil adonan sebanyak 1 

     sdm, bentuk bulat pipih.
4. Panggang sampai bawahnya kecoklatan, balik, panggang lagi sampai kecoklatan. Angkat 

    dan dinginkan

Hasilnya ? wingko babat original dan rasa pandan yang maknyuss,,,,lembut dan anget pula. Satu resep menghasilkan  26 wingko babat ukuran sedang . Rasanya puas sekaliiiiii bisa membuat wingko sendiri> jadi kalo kangen udah ngga ngrepotin tetangga. Silakan dicobaa....(2hipt)

No comments: