Tuesday, March 4, 2014

SUP CEKER


Depok, Maret 2014

Pagi ini saya tertawa ngakak habis-habisan, gara2 si ayah meminta saya memindahkan satu mangkuk sop ceker di meja makan saat kami mau sarapan.

" pindahin dulu deh sop ini bu.....hilang selera makan melihatnya "hahahahah rupanya si ceker metal ini membuat ayah jadi serem. 

Tapi sebaliknya dengan anak-anak, mereka dengan enjoynya menghisap-hisap sang ceker sampai bagian akhir......dan sang kucingpun bisa ngga kebagian jatahnya. Kenapa kok bisa begitu ya ? ...barangkali tampilannya tak seindah menu di resto kelas atas .......( nampaknya saya harus belajar banyak tentang food stylist ) hingga suatu hari ayah akan tergoda untuk mencicipinya.

Memang diakui bahwa keberadaan si ceker dalam list menu sering dianggap sebelah mata dibanding bagian2 ayam yang lainnya, entah karena posisinya yang dibawah atau cuma alasan geliii. Kalau anda tau betapa banyaknya kandungan istimewa didalam ceker ini pasti akan segera melahapnya.

trus kandungan nutrisi apa saja yang ada pada ceker ayam, mari kita simak : 
Foto dari google 
- Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsi ceker ayam.
- Kandungan zat kapur dan sejumlah mineral sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam. Yang jelas, makan ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.
Kandungan Hydroxyapatite yang merupakan salah satu makanan untuk tulang. Karena itu, mengkomsumsi ceker ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan juga menjaga elastisitas kulit.

Kandungan protein kolagen dalam ceker ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita. Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi. ( sumber : medicalera.com)

Jadi yang masih ragu ....mari dicoba - dicoba :

Bahan sup ceker ayam :
  • 1/4 kg ceker ayam
  • 3 buah wortel , potong potong
  • 1 kuntum besar brokoli, potong kecil
  • 1 batang daun bawang , potong potong
  • 2 tangkai daun seledri , potong potong
  • 1/2 bagian bawang bombay rajang halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  •  Garam  dan gula secukupnya
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Air
Bumbu halus sup ceker ayam :
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah

Cara membuat sup ceker ayam :

  1. Bersihkan ceker sampai bersih lalu rebus lah hingga kaldu nya keluar . sisihkan 
  2. Panaskan pengorengan, tumis bawang bombay, bumbu halus sampai tercium bau harum. Lalu tuang rebusan ceker tadi. Aduk rata.
  3. Biarkan sampai mendidih masukkan merica bubuk, garam, gula aduk hingga rata sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. lalu masukkan daun bawang dan seledri. api kompor dimatikan
  4. Ditempat terpisah kukus wortel dan brokoli sampai 1/2 matang. tiriskan.
  5. Ambil 1 mangkok sop ceker lalu tambahkan sayuran tadi.
  6. Sup Ceker siap disantap. (2hipt)


No comments: