Wednesday, April 30, 2014

SAYAP AYAM MANIS GURIH

Depok, April 2014

Nyaris hampir pasti ...ini sepertinya hari terakhir memasak chicken wings karena mendapat kiriman artikel dari seorang teman tentang  wing dan paha ayam . Sangat mudah sipahami dan masuk akal. Atau sementara mending berhenti dulu sampai dapat ayam yang tanpa suntikan ..... 

Padahal krucil dirumah sangat menggemari camilan ayam yang satu ini. Sabar ya sayang iu akan cari solusi buat kalian . Ini yang terakshir silakan disantap dengan penuh makna .... hay ..hay ....


Fried Chicken Wings

Bahan:
- 500 gram chicken wings

Bumbu:
- 5 butir bawang putih dihaluskan
- 1 1/2 sendok makan tepung maizena
- 2 1/2  sendok makan madu
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk kasar
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kunyit bubuk (2 ruas kunyit segar)
- 2 sendok teh ketumbar bubuk
- 1 ruas jahe, diparut
- 1/2 sendok teh garam
- 200 ml air

Note: jika tidak ada bumbu dalam bentuk bubuk anda bisa menggunakan bumbu segar yang dihaluskan jadi satu.  
Siapkan sayap ayam, potong di sela sendi sayap menjadi dua bagian. Buang bagian ujung sayap. Beri 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis, remas-remas hingga sayap menjadi kesat dan bersih. Cuci bersih dan tiriskan hingga air benar-benar habis.

Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu, aduk hingga rata. Cicipi bumbu, jika kurang asin tambahkan garam. Masukkan potongan sayap ayam ke dalam bumbu. Aduk hingga semua bumbu melumuri permukaan sayap ayam. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan simpan di kulkas minimal 2 jam paling bagus selama semalam.

Siapkan wajan, masukkan sayap ayam berbumbu ke dalamnya. Tambahkan air, masak dengan api sedang  sambil diaduk-aduk hingga air habis. 

Siapkan wajan, masukkan minyak agak banyak. Goreng sayap ayam hingga matangkecoklatan. Angkat dan tiriskan kelebihan minyak dengan meletakkanya di atas tissue dapur. Sayap ayam siap disantap dengan saus sambal botolan. Yummy!
Ditulis oleh : Honesty

sumber :
www.justtryandtaste.com/2013/01/fried-chicken-wings-camilan-yang-tak.html

No comments: