Monday, April 28, 2014

ALPUKAT MENTEGA + MADU

Depok, 28 April 2014

Ilustrasi alpukat. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Valentyn Volkov

Semua pasti tau dan pernah makan buah yang berasal dari negara meksiko ini , kecuali bagi yang tidak suka atau tak mau gemuk. Konon kabarnya jika anda ingin menambah berat badan, makan buah ini secara teratur setiap hari, sehingga berat badan akan bertambah dengan cepat .... waouuuu cocok bangetttt nih dengan program tambah berat badan.

Buah ini berdaging tebal, rasanya lezat atau lebih tepat dibilang pulen. Biasanya saya mengkonsumsinya dengan menambahkan gula atau susu. Atau membuatnya sebagai juice...hmmm mantappp. Tapi kali ini beda, dengan menambahkan madu + 1 sendok air jeruk lemon, wouww sensasinya jadi beda. Manis-manis jambu kalo kata orang betawi, perasan air jeruk lemonnya membuat avocado ini terasa segarrr.



Banyak manfaat serta kandungan nutrisi yang dapat kita ambil dari sebuah buah alpukat  selain vitamin E (enak ) ...heheh...diantaranya:

a. Menurunkan kolesterol
Menurunkan LDL alias kolesterol jahat dan membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol yang baik )

b. Tekanan Darah
Zat potasium dalam alpukat membantu menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah

c. Mengontrol Gula Darah
Lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang dikadung oleh alpukat membantu mengatasi resistensi insulin dan mengontrol tingkat gula dalam darah.

d. Melindungi dari kanker
Dengan pemberian  makan ekstrak alpukat pada hewan penelitian bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut.  Penelitian pada manusia masih dalam pemikiran.


e. Mencegah peradangan
Alpukat bermanfaat untuk mencegah resiko  penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

f. Meningkatkan berat badan
Mengkonsumsi alpukat  secara teratur bisa meningkatkan berat badan karena mengandung kalori  dan nutrisi yang membantu untuk program pengemukkan. Wah ,,,,, ini program saya bangetttt inih.  Mantappppp.......

g. Menyehatkan kulit dan rambut

Vitamin E yang dikandung buah alpukat melindungi  kulit  dari radiasi berbahaya sinar matahari. Selain itu alpukat juga membuat rambut indah dan sehat.

h. Gizi untuk ibu hamil
Asam folat yang dikandung alpukat sangat bagus untuk ibu hamil, dengan mengkonsumsi alpukat jabang bayi akan terhindar dari kerusakan sum-su tulang belakang dan cacat otak
Manfaat Alpukat lain bisa dibaca di DI SINI...... 

Disamping daging buahnya, rupanya biji sibuah seksi ini  bisa digunakan sebagai pewarna pakaian yang tidak mudah luntur. Sedangkan kulit pohonnya diolah untuk dijadikan pewarna coklat untuk produk dari bahan kulit. Batang pohon alpukat  biasanya digunakan untuk kayu bakar. Tidak itu saja, daun alpukatpun berfungsi untuk kencing batu, darag tinggi,, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dankencing manis.
Sumber :
wikipedia.org
http://www.merdeka.com/sehat/7-manfaat-kesehatan-buah-alpukat.html

No comments: