Wednesday, November 13, 2013

COMBRO


Depok, November 2013

Hamil anak ke 3 hampir setiap hari makan cemilan berbahan singkong dengan isian oncom pedas ini, atau lebih dikenal dengan nama combro – oncom di jero – artinya oncom di dalam. Belum lama kenal dengan cemilan seksi yang satu ini karena didaerah kami tidak ada olahan singkong seperti combro ini. Apalagi yang namanya oncom, ngga ada yang menjualnya di pulau sumatera sehingga tak pernah mencicipinya sampai usia 22 tahun.

Sekali mencoba langsung jatuh cinta. Ini barangkali  karena combro yang saya makan pertama kali sungguh enak, gurih dan tidak alot  sehingga mengena dihati. Sampai sekarang combro menjadi camilan favorite.

Walaupun ada di urutan tangga makanan favorite, tapi belum pernah mencoba untuk membuatnya sendiri. Kenapa ? …..takut rasanya ngga enak seperti yang di buat si abang- abang. Tapi kali ini sangaddd penasaran sekali ingin mencoba membuat camilan berbahan Manihot utilissima, nama keren dari singkong.


Mari kita eksekusi resep dari just try and taste ini:


Combro Isi Tempe Pedas
Ide resep dari Yu Kati

Bahan kulit combro:

- 700 gram singkong, parut
- 150 gram kentang, parut
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 1 sendok makan garam
- 100 gram kelapa muda parut (pilih yang jangan terlalu muda)
- 1 sendok teh merica bubuk


Bahan & bumbu isi combro:

- 300 gram tempe, kukus dan lumatkan setengah kasar (saya pake oncom)
- cabai rawit untuk isi combro (optional) (skip – krn anak-anak takut pedes)
- 2 sendok makan minyak untuk menumis 
- 4 tangkai kemangi, ambil daun-daunnya, rajang kasar 

Bumbu dihaluskan untuk isi combro:

- 4 butir bawang putih
- 5 buah cabai rawit merah – jadi 2
- 10 butir cabai rawit merah – skip
- 1 ruas kencur
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)


Cara membuatnya :

Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan tempe yang telah dihaluskan. Tumis menggunakan api kecil hingga semua bahan tercampur baik. Tumis hingga tempe agak mengering. 

Masukkan kemangi aduk rata dan tumis hingga kemangi layu. Cicipi rasanya dan angkat.

Membuat adonan combro

Ambil sekitar 400 gram singkong parut, masukkan ke dalam mangkuk dan tambahkan sekitar 300 ml air. Aduk rata dan peras hingga airnya habis menggunakan saringan santan. Buang air perasannya.

Masukkan singkong ke dalam mangkuk besar, tambahkan sisa bagian singkong parut yang tidak diperas, parutan kentang, kelapa parut, garam, merica bubuk dan rajangan daun bawang. Aduk semua bahan hingga rata, cicipi rasanya. Tambahkan garam jika kurang asin.

Ambil sekitar 1 sendok makan adonan, pipihkan di telapak tangan. Letakkan sekitar 1 sendok teh adonan isi di tengah adonan, tambahkan sebutir cabai rawit jika suka. Tutup adonan isi dengan adonan singkong, tekan-tekan dengan telapak tangan agar padat. Bentuk adonan menjadi lonjong. Letakkan adonan yang telah dibentuk di nampan dan lakukan pada sisa adonan.


Siapkan wajan (wajan cekung seperti yang saya gunakan lebih baik dibanding datar, karena tidak perlu minyak terlalu banyak untuk membuat combro tenggelam di minyak). Panaskan minyak agak banyak. Goreng combro dengan cara deep fried, semua bagian tenggelam, hingga berwarna coklat keemasan. Gunakan api yang tidak terlalu besar kala menggoreng. Angkat dan tiriskan. 


hasilnya .....nyam ...nyam ...gurih dan tidak alot setelah dinginpun ..... makasih resepnya mbak endang ......(2hipt)

No comments: