Thursday, November 21, 2013

SARIKAYA DURIAN/DUREN


Depok, November 2013

Kurang pasti tepatnya, barangkali Srikaya ini bisa digolongkan semacam selai. Uniknya, didaerah sumatera, biasanya srikaya ini dimakan bersama ketan. Kalo saya sekarang lebih sering menggunakanya sebagai pengoles roti layaknya jam. Disamping rasanya enak dan praktis untuk persiapan sarapan pagi atau bekal untuk anak-anak ke sekolah.

Srikaya ini terbuat dari bahan santan, gula merah/putih dan telur. Pemakaian telur bebek dalam pembuatan srikaya ini sangatlah menentukan cita rasa. Srikaya yang dihasilkan lebih lembut, dan legit dibanding menggunakan telur ayam biasa. Dan sudah terbayang berapa kadar kolesterol yang dikandungnya…….OMG

Selai srikaya yang lazim kita temukan berwarna coklat, karena terbuat dari santan, gula merah dan  telur. Kali ini kita mencoba rasa varian lain 


Srikaya Durian/Duren

Bahan :
5  kuning telur bebek
200 ml santan kental
125 gr gula pasir
75 gr durian – haluskan
2 tetes pasta durian
Vanilla pasta secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuatnya :

Kuning telur dikocok lepas . sisihkan
Campur santan, gula pasir, dan garam aduk sampai tercampur rata. Lalu masak dengan api sedang sampai mendidih sembari diaduk, agar santannya tidak pecah . lalu di angkat.
Campur telur yg dikocok lepas dengan adonan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan tercampur rata.
Siapkan panci yang lebih besar dari panci yang berisi adonan santan lalu tambahkan air Masukkan panci yang berisi adonan  tadi kedalam panci yang lebih besar. ( masak dengan cara di tim. Tunggu sampai adonan meletup-letup.
Setelah mengental matikan api dan dinginkan
Siap dimasukkan kedalam wadah.

Selamat mencoba

No comments: