Thursday, January 16, 2014

NASI TUAI

Depok, Januari 2014

Ingat  " NASI TUAI " , jadi ingat lagu baheula...Uni Elly Kasim dan Tiar Ramon

"Nasi Tuai, jo katan itam
Kue sarabi lamang baluo
Usahlah cameh raso ndak ka sampai
Tambuah sapiriang kanyang baduo "......ahayyyyy



yok dibikin .....resep uni yenny ini:

Bahan:
300 gr beras ketan putih - rendam selama 2 jam . ( sy pake 250 gr rendam 1 malam)
2 lembar daun pandan
garam secukupnya
200 ml santan kental  ( saya pakai 300ml)

Bahan kuah :
750 santan cair ( saya pake 900 ml santan )
200 gr merah 
2 sdm gula pasir
1 sdt vanilla pasta ( saya tambahkan ini)
2 butir telor kocok lepas ( saya ganti 2 sdm custard powder (cairkan dengan sedikit air )
5 buah nangka iris memanjang ( saya skip)

Cara Membuat :

* KETAN: kukus beras ketan bersama daun pandan hingga setengah matang . angkat. Siapkan panci, masukkan beras ketan kukus. Tuang santan dan garam, aduk rata hingga santan menyerap. Kukus kembali hingga ketan matang. Angkat dan sisihkan.

* KUAS/SAUS : didihkan santan bersama gula merah dan gula pasir. Tambahkan irisan buah nangka dan daun pandan aduk terus hingga mendidih. Masukkan telur kocok masak hingga matang.

* Cetak ketan di mangkuk kecil, tangkup ke piring saji . Tuang kuah/saus. siap dihidangkan

SELAMAT MENIKMATI ...(2hipt)


No comments: